Kapan Uang Jadi Alat Tukar.



sumber ilustrasi: www.anneahira.com
Uang adalah merupakan alat tukan yang sah, praktis dan simple, bayangkan kalau saja tidak diciptakan uang sebagai alat tukar, tentulah akan merasa kesulitan bila akan membeli sesuatu. Lalu kapan uang mulai dikenal manusia ?
Tidak seorangpun mengetahui kapan orang pertama kali menggunakan batu, kulit kerang, dan tulang binatang sebagai alat tukar (uang). Uang logam yang terbuat dari perunggu pertama kali digunakan di Mesopotamia. Uang logam mpertama berasal dari Lydia (Turki bagian barat sekarang) dan dibuat dari electrum, logam campuran alam dari emas dan perak. Setiap uang logam dipanaskan agar menjadi lunak sehungga mudah dicetak, kemudian diletakkan diatas cetakan berukir dan dipukul dengan palu. Setiap sisi sisi percetakan mempunyai symbol atau gambar yang berbeda yang terukir pada uang logam melalui proses tersebut. Uang logam yang terbuat dari perak dan emas dibuat pertama kali oleh Raja Croesus pada tahun 561 SM. Sekarang uang logam dibuat dari berbagai macam bahan logam, seperti besi, nikel, dan seng.
Di Yunani, mengukir uang logam menjadi suatu bentuk kesenian. Pada tahun 525 SM, Darius I menjadi penguasa pertama yang menerapkan pajak dengan menggunakan uang logam sebagai pengganti barang barang pajak. Ketika Alexander Agung menaklukkan dunia yang dimulai pada tahun 335  SM, ia mulai mempraktekkan menggambar wajah wajah penguasa dunia diatas uang logam sehingga kekuasaannya dapat dikenang oleh anak cucu mereka.
Daftar pustaka :
Jim Wiese,Ilmu Pengetahuan Kuno, (Pakar Raya Pustaka,Bandung, 2014)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Uang Jadi Alat Tukar."

Posting Komentar