Sejarah Gunting



sumber ilustrasi: forumjualbeli.com
Dalam kerhidupan sehari hari manusia tak lepas  dari gunting sebagai alat untuk memotong barang.  Gunting biasa sebagai alat pemotong benda yang tipis seperti kain, kertas, daun, rambut  dan seng.
Gunting paling tua dibuat pada tahun 1500 SM, gunting tersebut terdiri atas dua pisau perungu yang digabungkan dengan sebuah per. Pada tahun 100 M bangsa Romawi berhasil memperbaiki rancangan gunting dengan menggabungkang dua pisau dari besi atau perunggu pada satu titik as. Rancangan pengungkit ini menambah kekuatan gunting untuk memotong dan membuatnya menjadi lebih mudah digunakan.
Catatan kuno menunjukkan bahwa pemgungkit digunakan pada awal tahun 3000 SM. Shadof, system pengungkit imbangan berat, digunakan oleh bangsa Mesir untuk mengangkat air dari sungai. Imbangan berat adalah berat yang digunakan untuk menyeimbangkan satu ujung pengungkit. Shadof dibuat dari galah dengan batu yang diikatkan di ujung sebagai imbangan berat serta tali dan ember yang diikat di ujung satunya. Ember diturunkan ke dalam sungai sehingga terisi dengan air. Batu digunakan untuk mempermudah mengangkat ember yang berisi air. Shadof masih digunakan di beberapa Negara sampai sekarang.

sumber:
Jim Wiese, Ilmu Pengetahuan Kuno, (Pakar Raya Pustaka, Bandung)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Gunting"

Posting Komentar